Kamis, 21 Juli 2011

Sinopsi Sherlock Holmes

SHERLOCK HOLMES
Penelusuran Benang Merah

RESENSI

Pengarang        : Sir Arthur Conan Doyle
Penerjemah      : B. Sendra Tanuwidjaja
Penerbit            : PT. Gramedia pustaka utama
Tebal                : 216 halaman
Mulai edar        : November 2001
ISBN               : 979-686-605-6


SINOPSIS


Penelusuran benang merah merupakan buku pertama dalam seri Sherlock Holmes dan mengisahkan perkenalan Dr. Watson dengan sang detektif. Dr. Watson yang ketika itu belum mengetahui profesi Holmes, pada awalnya dibuat bingung oleh keeksentrikan pria itu serta kemampuannya yang unik. Holmes sangat pandai dalam ilmu deduksi dan mampu menebak keadaan seseorang hanya dalam sekali pandang. Tamu-tamu yang mengunjunginya di rumah sewaan mereka di Baker Street, berasal dari berbagai kelas sosial mulai dari bangsawan sampai portir.
Holmes mahir bermain biola, tapi lebih sering menggeseknya secara sembarangan. Ia bisa tampak sangat bersemangat, namun di lain waktu termenung-menung dengan pandangan kosong seperti orang kecanduan narkotika. Prbadi yang misterius ini menyebabkan Dr.watson penasaran dan ingin mengungkap pribadi Sherlock holmes.bahkan Sherlock holmes tahu bahwa Dr.watson baru datang dari afganistan. Dr.watson berkata akan mempelajari Sherlock holmes tapi stamfrod berkata bahwa Sherlock holmes akan mempelajari semua tentangmu tapi kamu hanya akan memahami sebagian kecil darinya
Sherlock holmes dan Dr.watson akan tinggal bersama di barker street no.221B.suatu pagi akhirnya Sherlock holmes menceritakan kisah tentang dirinya .dia “aku memiliki pekerjaan yang unik dan jarang sekali orang menjalani profesiku ,bahkan tidak ada sama sekali hanya aku. Aku adalah detektif konsultan. Di London banyak detektif polisi dan detektif swasta bilamana mereka menemui kejanggalan mereka datang padaku memintaku untuk menyelesaikannya.”
Setelah perbincangan ada seseorang yang mengirimkan surat kepada Sherlock holmes. Surat itu dari tobias gregson seorang detektif yang handal di daerah ini. Disurat itu gregson berkata bahwa seseorang bernama Enoch telah mati dirumah kosong disekitarnya ada noda darah tapi tidak ada luku disekujur tubuhnya gregson juga meminta shelock holmes untuk datng dan menyelidiki kasus ini. Sebelumnya tidak ada kasus yang lebih rumit dari pada kasus ini butuh waktu lama bagi Sherlock holmes menyelesaikan kasus ini.
Sherlock holmes menyimpulkan bahwa motif pembunuhan ini ada dua kemungkinan yaitu wanita dan politik tapi holmes lenih memberatkan ini pada urusan wanita. Karena bukti menunjukan bahwa pelaku cukup lama berada disana .sedang pembunuhan politik pelakunya akan segera kabur ini meninjukan bahwa motif pembunuhan ini adalah pembalasan dendam berencana . holmes pun tahu siapa pelakunya tapi  bagaimana menangkap pelaku itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar